Tips Berbelanja Online

Saat ini sedang booming situs-situs yang memasarkan produknya melalui internet. Mulai dari fashion, elektronik, bahkan makanan bayi. Dengan adanya toko online, sebagai konsumen sangat diuntungkan karena bisa menghemat waktu dan tenaga untuk berbelanja. Tapi ingat, karena berbelanja di dunia maya maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kenyamanan berbelanja tidak terganggu dan anda pun tidak dirugikan. Berikut tipsnya:

  • Riset. Pastikan situs tersebut benar-benar valid, khususnya situs yang baru dikenal. Lihat testimoni yang diberikan orang lain mengenai situs tersebut. Jangan mudah percaya belanja pada toko online yang menggunakan hosting atau domain gratisan.
  • Kebijakan. Jika membeli barang via online dan anda diminta untuk memberikan beberapa data pribadi, hanya berikan informasi yang penting saja. Jika menanyakan hobi dan sebagainya, bisa jadi data dibagi ke pihak ketiga. Pastikan tidak ada poin yang menyebutkan kalo situs tersebut berhak untuk menyebar luaskan data itu. Karena anda tidak melihat bentuk fisiknya, cari tahu apakah barang yang anda beli bisa ditukar atau ada garansi uang kembali.
  • Spammer. Cek dulu apakah situs tersebut meminta ID atau password tanpa ijin pemilik email, karena bisa jadi sebuah spammer. Amannya, langsung akses situs yang bersangkutan, jangan lewat pop-up.
  • Keamanan situs. Sebelum anda memasukkan data pribadi, lihat di bagian browser, pastikan icon berbentuk gembok ada dan bentuknya terkunci. Saat anda hendak memasukkan data pribadi, misalnya nomor kartu kredit, alamat situs berubah dari http menjadi shttp atau https.
  • Update Antivirus. Pastikan spyware dan firewall anda sudah di-update hingga PC atau notebook terlindungi.
  • Pembayaran. Kebanyakan belanja online menggunakan sistem pembayaran menggunakan kartu kredit, dengan begitu ada bukti kuat jika terjadi miskomunikasi dalam bertransaksi. Jika pembayaran dengan sistem transfer, akan lebih mudah jika menambahkan beberapa rupiah dibelakang nominalnya. Misalnya harga barang Rp. 250.000,- anda transfer sebesar Rp. 250.062,-. Ada juga beberapa situs besar yang menjadi mediator antara pembeli dan penjual. Anda sebagai pembeli mentransfer pembayaran ke situs mediator tersebut, jika barang yang dipesan sudah sampai dengan selamat ketangan anda dan tidak ada komplain, maka mediator akan membayar transfer tadi ke pihak penjual.
  • Harga. Tanyakan pada pengelola situs tempat anda membeli barang, harga yang tertera sudah termasuk ongkos kirim atau tidak. Selain itu bandingkan harga satu tempat dengan tempat lainnya, siapa tahu situs yang lain terlihat lebih mahal tapi  sudah termasuk ongkos kirim.
  • Bukti. Kebanyakan toko online mengirimkan konfirmasi pemesanan via email. Simpan baik – baik semua email tersebut. Dan jika sudah terjadi transaksi, simpan bukti pembelian anda.
  • Matikan PC Setelah Transaksi. Ini untuk jaga-jaga saja, karena jika ada malware seseorang bisa mengambil alih PC dan melakukan transaksi lain.

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: