Cara Mengatasi Sifat Pelupa

Lampu kamar mandilupa dimatikan, ponsel tertinggal di kantor, lupa memberi kabar pada pasangan jika anda tidak bisa bertemu malan ini dan baru ingat saat dia sudah menunggu selama setengah jam! Apakah anda memiliki sifat pelupa? Tenang, sifat pelupa bisa ditanggulangi, kok.

1. Punya Rencana

Orang yang memiliki sifat pelupa wajib punya daftar untuk menulis semua rencana, dan melakukan check list termasuk hal-hal kecil sekalipun. Misalnya, mengunci kamar atau membuat daftar belanja. Coret setiap hal yang sudah anda lakukan. Lama-lama Anda akan terbiasa membuat perencanaan dan tidak akan cepat lupa, hal ini juga akan membuat hidup lebih terorganisir.

2. Lebih Rapi

Kacamata tertinggal dikamar mandi, lupa dimana meletakan kunci kendaraan. Tidak pernah Anda tidak meninggalkan barang sembarangan. Maka dari itu, simpan barang-barang Anda disuatu tempat sehingga mudah mengecek jika barang itu tidak ada. Sebaiknya jangan mencampur semua jens barang di satu tempat, tempatkan sesuai jenisnya.

3. Jangan Panik

Apakah Anda sering panik jika lupa menaruh sesuatu atau lupa dengan janji bertemu? Tahukah Anda, sikap panik malah akan membuat Anda semakin lupa. Akan sangat konyol jika ternyata benda yang Anda lupa itu ada di depan mata. Jadi,jika Anda lupa sesuatu, tarik nafas dalam-dalam dan tenangkan diri. Di saat santai biasanya kita akan lebih mudah mengingat sesuatu.

4. Kembalikan

Coba ingat-ingat, berapa kali Anda lupa meletakkan gunting, pulpen atau notes? Mulai sekarang biasakan mengembalikan barang-barang yang sudah digunakan ke tempat semula. Jika ada yang meminjam barang-barang Anda, minta kepadanya untuk mengembalikan ke tempat semula.

5. Diulang

Seringlah mengulang-ulang apa yang hendak diingat atau dihafal. Langkah ini membantu memudahkan ingatan dalam memperhatikan hal-hal penting. Misalnya, ulangi dalam hati jika hari ini Anda harus menelepon klien penting.

6. Minta Tolong Teman

Masih saja tidak bisa menghilangkan sifat pelupa? Mintalah bantuan teman, katakan padanya untuk mengingatkan Anda jika bermaksud  mengerjakan sesuatu hari ini. Jika teman keberatan, gunakan fasilitas reminder di ponsel.

7. Jangan Ditunda

Semua poin di atas akan membantu mengatasi sifat pelupa Anda jika segera dilakukan. Menunda-nunda malah akan membuat Anda semakin lupa.

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: