Bahaya Dibalik Flat Shoes

Image

Banyak orang merasa lebih nyaman memakai sepatu datar (flat shoes) dibandingkan dengan sepatu berhak tinggi. Sepatu hak tinggi atau lebih dikenal dengan high heels ini seringkali dituding bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Tapi belakangan ini terungkap, terlalu sering memakai flat shoes juga bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Penelitian King Collge, London menemukan, flat shoes ini juga bisa menyebabkan nyeri punggung. Peneliti meminta 115 orang dewasa yang memiliki sakit punggung untuk memakai flat shoes atau rocker shoes (sepatu datar dengan alas tebal) untuk berjalan maupun berdiri setidaknya 2 jam setiap hari. Setelah 6 bulan, lebih separuh dari mereka yang menggunakan sepatu datar ditemukan sakit punggung yang justru lebih parah dari sebelumnya. Sedangkan mereka yang menggunakan rocker shoes hanya seprtiga yang mengaku nyeri punggungnya semakin menjadi.

Berdasarkan penelitian beberapa ilmuwan, flat shoes disinyalir juga sebagai salah satu penyebab nyeri pinggul. Kekurangan sepatu datar terletak pada tidak adanya penahan berat untuk meredam gerakan yang tiba-tiba. Ini dapat meningkatkan resiko berkembangnya nyeri tumit, tumit pecah-pecah, tulang retak dan masalah pada pinggul.

Oleh sebab itu, lakukan variasi dalam memakai sepatu, mulai flat shoes sampai high heels. Selain itu, untuk menjaga kaki tetap sehat gunakan selalu krim pelembut ketika gejala tumit pecah-pecah mulai timbul. Gunakan pula bantalan sepatu agar kaki menjadi lebih nyaman.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: