Cara Mencegah Insomnia

 

Idealnya, seseorang harus tidur sekitar 8 jam per hari. Namun ada banyak hal yang menyebabkan kebiasaan sehat tersebut tidak berjalan dengan baik. Mulai dari stres, kerja lembur, hingga pengaruh obat-obatan tertentu yang membuat Anda tidak bisa tidur dengan mudah di malam hari.

Kebiasaan ini bisa beruah menjadi insomnia yang berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa cara mudah untuk mengatasi insomnia.

  • Hindari Cahaya

Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi hormon melatonin. Melatonin adalah hormon yang disekresikan oleh kelenjar pineal di otak. Hormon Ini membantu mengatur hormon-hormon lain dan mempertahankan ritme sirkadian tubuh.
Ritme sirkadian adalah sebuah internal “jam” 24-jam yang memainkan peran penting di saat kita tertidur dan ketika kita bangun. Ketika gelap, tubuh Anda menghasilkan lebih banyak melatonin, ketika terang produksi melatonin menurun. Terkena cahaya terang di malam hari bisa mengganggu siklus normal melatonin di tubuh.

  • Hindari Melihat Jam

Jika terus-terusan melirik ke arah jam saat larut malam, tidur akan tersiksa. Anda akan terus menerus khawatir dengan sisa waktu tidur sebelum hari sibuk Anda dimulai keesokan harinya.

  • Hindari Kafein

Saat menjelang tidur, hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Kurangi juga mengkonsumsi coklat, cola, teh bahkan kopi tanpa kafein sekalipun.

  • Atur Jadwal Tidur

Atur agar jadwal pergi dan bangun tidur sama setiap hari, termasuk pada akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh dan otak tetap pada siklus tidur yang sehat.

  • Olahraga Teratur

Olahraga teratur sudah terbukti meningkatkan kualitas tidur, selama melakukannyaa tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Beri jarak antara olahraga dengan tidur sekitar 3 – 4 jam.

  • Netralisir Suara

Tetesan keran, anjing menggonggong, dan suara kendaraan akan menghilangkan sebagian besar waktu tidur Anda.

  • Jangan Merokok

Sama halnya dengan kafein, nikotin juga merupakan sebuah simultan yang akan membuat Anda semakin terjaga dan dapat memperburuk insomnia.

  • Jauhkan Binatang Peliharaan

Gerakan anjing atau kucing peliharaan akan mencegah Anda mendapatkan tidur nyenyak. Mereka juga dapat membawa kutu, debu, bulu, dan pemicu alergi lainnya ke tempat tidur.

  • Relaksasi Pikiran

Redakan emosi dan juga pikiran sekitar satu jam sebelum tidur. Bacalah sesuatu yang ringan, mendengarkan musik, mandi air hangat atau meditasi untuk menenangkan pikiran.

  •  Gunakan Bantal

Nyeri tidur sangat mengganggu saat tidur, solusinya, letakkan bantal kecil diantara kedua kaki saat tidur menyamping. Gunanya untuk menyejajarkan dan mengurangi nyeri punggung.

  • Tempatkan Leher Di Posisi Netral

Terkadang Anda menggunakan bantal yang terlalu tebal atau terlalu tipis. Bantal harus berukuran tepat untuk mendukung leher dalam posisi netral. Untuk tidur menyamping, hidung harus sejajar dengan pusat tubuh. hindari tidur dengan posisi telungkup.

  • Bersihkan Tempat Tidur

Alergi yang dapat mengakibatkan bersin-bersin, pilek ataupun gatal-gatal dapat menyebabkan tidur terganggu. Hal ini mungkin karena tempat tidur dipenuhi debu, kutu dan penyebab alergi lainnya.

  • Konsultasi Ke Dokter

Jika selama sebulan insomniamasih saja tidak kunjung sembuh, saatnya memeriksakan diri ke dokter. Insomnia kronis memerlukan evaluasi dari dokter.

  • Gunakan Obat sesuai Resep

Obat tidur dapat membuat kecanduan dan memiliki efek samping. Idealnya obat tidur digunakan dalam jangka waktu pendek, bukan menjadi gaya hidup sehari – hari.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: